RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
XII/1
Pertemuan Ke- :
1
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam penyelesaian
masalah.
KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri
gelombang secara umum.
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi karakteristik gelombang
transversal dan gelombang longitudinal.
2. Mengidentifikasi karakteristik gelombang
mekanik dan gelombang elektromagnetik.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
1. Menjelaskan
definisi gelombang dan besaran-besaran gelombang.
2. Menjelaskan
perbedaan gelombang transversal
dan gelombang longitudinal.
3. Menjelaskan perbedaan gelombang mekanik dan
gelombang elektromagnetik.
4. Memberikan contoh
sumber-sumber gelombang.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian gelombang
Gelombang adalah gejala rambatan dari suatu getaran
atau usikan. Atau dengan kata lain gelombang merupakan getaran yang merambat.
Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat
lain.
2.
Jenis-jenis gelombang
a. Gelombang berdasarkan
sumber getarnya atau jenis mediumnya:
1.
Gelombang mekanik, yaitu gelombang yang merambat
memerlukan zat perantara. Namun, partikel-partikel zat yang dilalui energi
tidak ikut berpindah mengikuti perambatan gelombang.
Contohnya: gelombang pada tali, gelombang pada
permukaan air, gelombang bunyi.
2.
Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang
merambat tidak memerlukan zat perantara.
Contohnya: gelombang radio, gelombang TV dan gelombang
cahaya
b. Gelombang
berdasarkan arak getarannya:
1.
Gelombang Transversal, yaitu gelombang yang arah
getarannya tegak lurus dengan arah perambatannya.
gelombang transversal terdiri dari sebuah bukit dan
lembah.
Contoh: golmbang pada tali
2.
Gelombang Longitudinal, yaitu gelombang yang arah
getarannya searah atau berimpit dengan arah perambatannya.
Gelombang ini teriri dari rapatan dan renggangan
Contoh: gelombang pada pegas dan gelombang pada air.
C.
METODE
PEMBELAJARAN
- Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
- Metode : -
Diskusi kelompok
-
Ceramah
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
a.
Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
o
Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang
longitudinal?
o
Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan
gejala gelombang?
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah
ciri-ciri gelombang longitudinal?
-
Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
b. Kegiatan
Inti
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
·
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Guru
menjelaskan jenis-jenis gelombang
·
Guru
menjelaskan perbedaan gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
·
Guru
mendemostrasikan gelombang transversal dan gelomabng longitudinal
·
Guru
menyebutkan contoh gelombang transversal dan longitudinal dalam kehidupan
sehari-hari.
c. Kegiatan
Penutup
·
Peserta didik (dibimbing
oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. SUMBER
BELAJAR
a.
Marthen
Kanginan, Fisika untuk SMA Kelas XII semester 1, Bandung: Erlangga
b.
Bob
Foster, Fisika SMA untuk kelas XII semester 1, Bandung: Erlangga
c.
Hari
Subagya – Agus Taranggono, Fisika SMA untuk kelas XII, Jakarta: Bumi Aksara
F.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
a. Teknik
Penilaian:
-
Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
-
Isian
c. Contoh
instrumen
1.
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan
gelombang dinamakan?
2.
Apakah perbedaan antara gelombang mekanik dan
elektromagnetik?
Sungai
Penuh,
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Sungai Penuh Guru Mata Pelajaran
Drs. Wizril Enny Zaliavari Zam, M.Pd
NIP : 19610427 198603 1 004 NIP
: 19840107 201402 2 001
0 komentar:
Posting Komentar