September 09, 2016

RPP SMA KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas/Semester            : XII/1
Pertemuan Ke-            : 1
                                    Alokasi Waktu            : 2x45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
           1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam penyelesaian masalah.

KOMPETENSI DASAR
           1.1.Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

        INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
2.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN     
      Peserta didik mampu:
1.      Menjelaskan definisi gelombang dan besaran-besaran gelombang.
2.      Menjelaskan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
3.      Menjelaskan perbedaan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
4.      Memberikan contoh sumber-sumber gelombang.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian gelombang
Gelombang adalah gejala rambatan dari suatu getaran atau usikan. Atau dengan kata lain gelombang merupakan getaran yang merambat.
Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain.
2.      Jenis-jenis gelombang
a.       Gelombang berdasarkan sumber getarnya atau jenis mediumnya:
1.      Gelombang mekanik, yaitu gelombang yang merambat memerlukan zat perantara. Namun, partikel-partikel zat yang dilalui energi tidak ikut berpindah mengikuti perambatan gelombang.
Contohnya: gelombang pada tali, gelombang pada permukaan air, gelombang bunyi.
2.      Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang merambat tidak memerlukan zat perantara.
Contohnya: gelombang radio, gelombang TV dan gelombang cahaya
b.      Gelombang berdasarkan arak getarannya:
1.      Gelombang Transversal, yaitu gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah perambatannya.
gelombang transversal terdiri dari sebuah bukit dan lembah.
Contoh: golmbang pada tali
2.      Gelombang Longitudinal, yaitu gelombang yang arah getarannya searah atau berimpit dengan arah perambatannya.
Gelombang ini teriri dari rapatan dan renggangan
Contoh: gelombang pada pegas dan gelombang pada air.

C.     METODE PEMBELAJARAN
  1. Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                                 -   Cooperative Learning
  1. Metode  :   -   Diskusi kelompok            
                                          -   Ceramah

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a.       Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
o   Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
o   Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan gejala gelombang?
Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
-      Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
b.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru menjelaskan jenis-jenis gelombang
·         Guru menjelaskan perbedaan gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
·         Guru mendemostrasikan gelombang transversal dan gelomabng longitudinal
·         Guru menyebutkan contoh gelombang transversal dan longitudinal dalam kehidupan sehari-hari.


c.       Kegiatan Penutup
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E.     SUMBER BELAJAR
a.       Marthen Kanginan, Fisika untuk SMA Kelas XII semester 1, Bandung: Erlangga
b.      Bob Foster, Fisika SMA untuk kelas XII semester 1, Bandung: Erlangga
c.       Hari Subagya – Agus Taranggono, Fisika SMA untuk kelas XII, Jakarta: Bumi Aksara

F.      PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.       Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen:
-      Isian
c.       Contoh instrumen
1.      Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan?
2.      Apakah perbedaan antara gelombang mekanik dan elektromagnetik?


                                                                              Sungai Penuh,
Mengetahui
Kepala SMA  N 5 Sungai Penuh                                         Guru Mata Pelajaran




Drs. Wizril                                                                             Enny Zaliavari Zam, M.Pd
NIP : 19610427 198603 1 004                                               NIP : 19840107 201402 2 001









0 komentar:

Posting Komentar

FILM PENDEK PENDIDIKAN

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA...SEMOGA BERMANFAAT...

 
script widget/iklan/script lain anda disini