Oktober 18, 2017

LOMPAT JAUH DAN FISIKA

Ketika seorang atlet lompat jauh melakukan start hingga mendarat pada bak pasir maka hal tersebut merupakan suatu gerakan linier. Hal ini disebabkan karena:
·      Dia berpindah dari satu titik ke titik yang lain yaitu dari titik start sampai pada titik ketika mendarat dibak pasir.
·      Dia bergerak lurus berubah beraturan dengan percepatan maksudnya atlet tersebut berlari lurus kedepan dengan kecepatan berubah secara beraturan yaitu semakin lama semakin cepat.
Gerakan berputar dan gerak persendian ketika atlet tersebut berlari merupakan gerak putar dimana pusat putaran tersebut ada pada:
·      Articulacio humeri merupakan sumbu putaran ketika mengayunkan tangan.
·      Articulation coxae merupakan sumbu putaran saat mengayunkan tungkai.
·      Articulation genus merupakan sumbu putaran ketika melakukan lompatan
Cabang olahraga lompat jauh menggabungkan antara gerak linier dan juga gerak berputar. Dalam lompat jauh juga terdapat gerak parabola, yaitu ketika bertolak dari balok tumpuan hingga mendarat di bak pasir.
Berikut ini merupakan analisis sudut terbaik untuk melakukan tolakan:
Diketahui    :           VO      : 20m/dt
Sudut :40˚, 45˚ dan 60˚
g          :10m/dt
    Ditanya       :           1. R?
2. t?
    Pembahasan            : a.      sudut 40˚
R= VO²xSin 2a = 20² x 0.98 = 392 = 39,2 m
t= 2VOx Sin a = 2 x 20 x0,64 = 2,56 dt
   b.      sudut 45˚
R= VO²xSin 2a = 20² x 1 = 400 = 40 m
t= 2VOx Sin a = 2 x 20 x 0,70 = 2,8 dt
   c.      sudut 60˚
R= VO²xSin 2a = 20² x 0,86 = 344 = 34,4 m
t= 2VOx Sin a = 2 x 20 x 0,86 = 34,4 dt
Berdasarkan gerak horisontal ini maka untuk dapat menghasilkan jangkauan yang jauh maka harus menggunakan sudut 45˚.
B.  Gaya yang bekerja saat melakukan lompat jauh
a.    Hukum kelebaman (law of inertia)
“Suatu benda akan tetap dalam keadaan diam atau dalam keadaan bergerak kecuali pengaruh gaya yang mempengaruhi keadaannya”
Ketika kita menolak, tubuh akan melayang dan kemudian akan jatuh kembali ke tanah, dilanjutkan sedikit gerakan ke depan setelah tubuh menyentuh tanah, kemudian berhenti. Hal ini disebabkan karena:
1.    Adanya gaya gravitasi bumi.
Setiap benda yang ada dibumi akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi meski seringan apapun benda  tersebut. Inilah yang menjadi penyebab mengapa setiap benda yang bergerak dia akan berhenti karena adanya gaya gravitasi tersebut.
2.    Adanya gaya gesek.
Gaya gesek ini terjadi antara tubuh dengan pasir, yang terjadi ketika tubuh tepat setelah mendarat. Gaya gesek yang terjadi cukup besar, sehingga gerakan tubuh ke depan setelah menyentuh tanah hampir tidak terlihat.
b.    Hukum percepatan
Percepatan suatu benda karena suatu gaya berbanding lurus dengan gaya penyebabnya”
Semakin besar power kita dalam dalam melakukan awalan maka akan semakin besar pula kecepatan lari kita. Awalan yang maksimal akan menghasilkan lompatan yang maksimal.
c.    Hukum III: Hukum reaksi (law of reaction)
Setiap aksi selalu ada reaksi yang sama dan berlawanan”
Terjadi ketika melakukan tolakan. Tolakan sebaiknya dilakukan sekuat-kuatnya untuk mendapat hasil tolakan yang maksimal.
d.   Moment Gaya
Semakin besar moment gaya, akan semakin besar pula gaya yang di hasilkan
Moment gaya harus diperkecil untuk mengangkat benda agar lebih ringan maka moment gaya diperkecil. Jadi untuk mengangkat benda agar benda tersebut menjadi lebih ringan maka jarak benda tersebut atau moment gayanya juga harus diperpendek. Dalam lompat jauh, hal ini terlihat ketika melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok. Kaki diletakkan sedekat mungkin dengan badan dengan tujuan untuk memperkecil moment gaya.
e.    Gaya gesek
Gaya gesek adalah suatu gaya yang timbul karena persinggungan antara dua permukaan yang merupakan hambatan terhadap gerak. Terjadi ketika berlari, menumpu, dan mendarat. Bahkan saat melayang di udara pun terjadi gaya gesek antara tubuh dengan udara. Hal ini relatif kecil pengaruhnya terhadap hasil lompatan. Namun demikian, angin yang berhembus berlawanan arah lompatan, sedikit banyak mempengaruhi jauhnya hasil lompatan. Gaya gesek yang terjadi ketika berlari, menumpu, dan mendarat memberi keuntungan kepada pelompat. Beberapa pelompat menggunakan sepatu khusus (special) yang memiliki pull untuk memperbesar gaya gesek, yaitu agar pelompat tidak jatuh ketika melakukan awalan.

0 komentar:

Posting Komentar

FILM PENDEK PENDIDIKAN

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA...SEMOGA BERMANFAAT...

 
script widget/iklan/script lain anda disini