Oktober 07, 2017

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Media Pembelajaran Interaktif merupakan alat bantu media pembelajaran berbasis multimedia yang mampu menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke murid yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif 2  arah antara multimedia dengan pengguna (siswa/guru) yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Disini saya akan menjabarkan beberapa contoh media pembelajaran interaktif yang dibagi kedalam dua jenis yakni berbasis E-Learning dan media pembelajaran berbasis aplikasi android.
Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning
  • Moodle : Moodle merupakan salah satu E-Learning yang paling populer . Memiliki fitur jadwal pembelajaran, aplikasi quiz, presentasi hasil karya. Moodle juga mempunyai modul interaksi siswa dengan guru yakni chatforum, workshop atau survey.
  • Fedena : Fedena mempunyai fitur lengkap untuk kegiatan pembelajaran sampai manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antara pendidik, tenaga kependidikan, murid, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan membuat Fedena menjadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi satuan pendidikan.
  • Fisikanet.lipi.go.id : Fisikanet keluaran LIPI ini merupakan e-learning eksklusif pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang perbincangan seputar mencari penyelesaian mengenai pelajaran fisika.
contoh media pembelajaran interaktif
contoh media pembelajaran interaktif
Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android
  • Aplikasi KelasKita : Aplikasi ini hadir dengan aneka kelas online yang bisa diikuti. Sesudah kita memutuskan untuk mengikuti suatu kelas, kita bakal mendapatkan bahan yang diberikan secara bertahap.
  • RuangGuru : Di aplikasi ruangguru siswa dapat  konsultasi tentang bahan pembelajaran melalui chat maupun video call dipungkinkan aplikasi ruangguru. Sehingga program ini bisa dijadikan narasumber dalam pembelajaran. Menarik kan?
  • Quipper : Program android berbayar ini menyediakan Kumpulan soal soal lengkap. Bisa dijadikan alternative media pembelajaran interaktif latihan soal untuk siswa dan guru akan mengoreksi dan menilai hasilnya.
  • Aplikasi Tryout UN SD : Sebelum menghadapi UN, bank Soal Latihan UN SD versi digital yang bisa dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan siswa Silakan dicoba.
  • CBT UN SMP : Mirip dengan aplikasi Tryout UN SD, hanya saja aplikasi ini untuk murid SMP.
  • Star Chart : Program android tentang materi astronomi dan Tata Surya. Media pembelajaran alternative dalam belajar Ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar

FILM PENDEK PENDIDIKAN

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA...SEMOGA BERMANFAAT...

 
script widget/iklan/script lain anda disini